Minggu, 15 Agustus 2010

Mencari File dalam 3 Detik dengan Launchy

0 komentar
Mungkin Anda punya koleksi .mp3 80 Gb atau .DOC 63 Gb dan sering kesulitan mencari dengan cepat, atau tidak ingin FindFiles?
Semua file di StartMenu, Control PaneL, drive C:\, Directory \MyDocuments, \MyMusic, dll, langsung dapat dibuka atau dijalankan tanpa klik mouse. mau tahu caranya ...:??

DOWNLOAD LAUNCHY

Install Launchy (setelah dijalankan, Launchy "terbenam" di TaskBar).

Cara menjalankan:

1. Untuk menjalankan, tekan Alt + spasi


2. Ketikkan nama sembarang shortcut yang sudah ada di StartMenu, misalnya: "Microsoft Word".
Saat Anda ketikkan "mi" (belum selesai) maka Launchy sudah menawarkan semua file yang mengandung "mi"
3. Tekan panah bawah untuk memilih "shortcut" yang Anda inginkan
4. Setelah terpilih, tekan Enter untuk menjalankan.
Sangat gampang, kan?

Customization

Apa artinya program bagus kalau tidak bisa dirubah pemiliknya?
Bagaimana caranya agar semua .mp3 dan .doc di \folder tertentu dimasukkan dalam index?

Konsep
Launchy melakukan proses scan untuk membuat index pada semua file yang ada di:
\StartMenu dan
\Utilities (ctrLPanel, MyDocuments, MyMusic)

Launchy dapat menambahkan sembarang \folder ke index/daftar pencarian, caranya :

1. Jalankan Launchy (tekan Alt+spasi)
2. Klik kanan pada ujung window Launchy > pilih Directories




3. Ada tiga kolom, yaitu "Directories to Scan", "File Types", dan "All Directories"
Untuk menambahkan \folder baru, klik "Add" pada kolom "Directories to Scan"
Browse dan pilih folder yang akan dimasukkan dalam Index
Untuk memasukkan semua file .mp3 : pada bawah kolom "AllDirectories" ketikkan ".mp3" tanpa tanda petik lalu klik "Add"
Menuliskan "*.mp3" adalah salah, yang benar adalah ".mp3". Tuliskan tanpa tanda petik.
Untuk menambahkan file Document, gunakan ".doc" (untuk Word 1997-2003) dan ".docx" (untuk Word 2007)
Anda juga bisa tambahkan ".rtf", ".exe" atau extension apa saja yang ingin dimasukkan dalam daftar pencarian
Setelah selesai, klik OK



4. Klik kanan pada ujung window Launchy > pilih Rebuild index (agar index diperbarui dengan tambahan \folder tadi)
5. Tunggu beberapa saat dan coba jalankan programnya lagi dengan ALT + SPASI

Selamat Mencoba ....
Artikel ini saya ambil dari  http://ven0mday.blogspot.com/

Cara Install Windows XP dengan Flashdisk

0 komentar
Cara Install Windows XP dengan Flashdisk :

I. Siapkan bahan-bahannya :
1. CD OS Windows XP
2. Flashdisk kosong minimal 1 GB (hati-hati data yg ada di dalamnya akan terhapus
3. File USB PREP8 + PeToUSB, link downloadnya download MembuatFlashdiskBootableXP.rar (sudah termasuk Bootsect.exe)
4. File Bootsect.exe, link download sama dengan di no.3
5. Komputer lain yang memakai O/S Windows XP dengan ruang kosong di drive C minimal 1,5 Gb.

II. Tancapkan Flashdisk Kosong anda ke komputer.

III. Extract file MembuatFlashdiskBootableXP.rar yang telah anda download di drive C langsung.

Hasilnya tampak seperti di gambar ini :


IV. Jalankan file usb_prep8.cmd yang ada di folder usb_prep8 dengan cara dobel klik, sehingga tampil seperti gambar berikut ini :


Kemudian tekan sembarang tombol, dan akan muncul :


Terus Klik START =>> YES =>> YES, maka proses format akan segera di mulai dan flashdisk akan diformat menjadi flashdisk boot. Tunggu sampai keluar kotak : " Operation Completed Successfully ". Berarti proses format selesai. Kemudian close PeToUSB nya tapi JANGAN TUTUP JENDELA DOS dibelakangnya ...

V. Masuk RUN dan ketik CMD kemudian enter.
Kemudian jalankan file bootsect.exe di dalam folder bootsect dengan perintah DOS yang baru saja di buka itu. Hal ini dilakukan untuk memberikan flashdisk file boot manager. Caranya:
1. Setelah masuk DOS, ubah direktori aktifnya ke dirve yang ada folder bootsect-nya.
2. Kemudian setelah aktif di c:\bootsect\ ketikkan perintah " bootsect.exe /nt52 e: " kemudian enter. "e:" adalah menunjukkan drive flashdisk anda.

Ikuti gambar berikut ini :



Setelah selesai kemudian tutup jendela bootsect. Sekali lagi JANGAN TUTUP JENDELA DOS YANG PALING PERTAMA TADI.

VI. Pada jendela DOS ketik 1 untuk mengarahkan ke drive dimana lokasi CD Master XP berada.



VII. Pilihan 2 lewati aja

VIII. Pilihan 3 untuk menentukan lokasi drive flashdisk anda.



IX. Pilihan 4 untuk memulai proses pembuatan Flashdisk Booting Install XP.
Kemudian jika muncul jendela permintaan jawab dengan YES atau kalau ada Press Any Key To Continue, tekan sembarang tombol. Begitu sampai dengan selesai.






Jumat, 13 Agustus 2010

About Me......

0 komentar
hehehehheee....... mu nulis paan ya?

Ummm,….Awalnya yang bikin aku tertarik ma Blog saat aku searching-searching ga karuan dan gara2 banyak waktu luang yang ga kepakai saat aku kerja.. Okey, gak usah mimpi siang bolong gini ntar malah mimpi kering lagi (loh?!). Panjang deh ceritanya, sampe aku punya blog ini (aahhh bilang aja males ngetiknya)

eniwai, blogku hanya sebuah tulisan yg gak jelas dan banyak isinya yang cuma copy paste dari blog2 lain, terus terang ajja ane minta maap bagi blogger2 yang ane copy paste ntu.
Sebagai orang yang gak sempurna, aku nerima semua saran dari kalian dengan lapang dada, tapi sumpah aku gak nerima undangan kondangan disini.
last but not least, don’t forget to add and comment me cz ada hadiah buwat 1000 peng-add pertama yaitu selembar poto lengkap beserta tandatanganku wuahahaa…


salam Pipis, love en gaul

Amos
0 komentar
Tutorial Membuat Flipping Book/Magazine dengan Flash
 

format file : pdf dikompress dengan winrar
ukuran : 1,2 MB
link download :
http://www.indowebster.com/Flipping_Book_Tutorial.html
http://www.4shared.com/file/3L-uh6YC/flipping_book_tutorial.html 





Utak-Atik Windows dengan Modal Registry


format file : pdf
ukuran : 500 KB
link download ;
http://www.indowebster.com/UtakAtik_Windows_dengan_registry.html
http://www.ziddu.com/download/6180239/Utak-atikWindowsdngRegistry.pdf.html
http://www.4shared.com/file/127245134/e60887b4/Utak-atik_Windows_dng_Registry.html



Bikin Situs Phising Facebook


format file : .pdf
ukuran : 450 KB
link download :
http://www.indowebster.com/Bikin_fake_login_face_book.html
http://www.ziddu.com/download/6180238/BikinSitusPhisingFacebook.pdf.html
http://www.4shared.com/file/127245194/1ce76f3e/Bikin_Situs_Phising_Facebook.html


Install Windows XP melalui USB Flash Disk



Format : pdf
ukuran : 300 KB
Link Download :
http://www.indowebster.com/Instal_XP_lewat_USB.html
http://www.ziddu.com/download/6180237/InstallXPlewatUSB.pdf.html
http://www.4shared.com/file/127245223/63319d0f/Install_XP_lewat_USB.html




PROGRAM

Penghancur Data






Code name : Penghancur Data
Description : Menghapus data dengan aman
Compiler : Microsoft Visual Basic 6.0
Author : Sukabiru Project 2009
System : Windows 98, XP, Vista
Size : 28 kb
downlaod link : http://www.4shared.com/file/132707382/7ecdffe5/Penghancur_Data.html


Tweak Utility











Code name : Tweak Utility
Description : tool kecil buat utak-atik fungsi windows seperti regedit, cmd, task manager dll
Compiler : Microsoft Visual Basic 6.0
Author : Sukabiru Project 2009
System : Windows 98, XP, Vista
Size : 132 kb
Download link :http://www.4shared.com/file/133757126/ee5c83dc/Tweak_Utility.html


Hacking Facebook Using Application

0 komentar
mungkin ada yang pernah gunain program seperti ini
fb hack

fb hack  atau seperti ini?

holdem poker cheater dan apakah berhasil? justru malah kita yang bisa kena hack! loh? kok bisa? sok tahu ente tu!
okay, kita check. dari kedua program itu jelas2 kita disuruh memasukkan email dan password. dan ketika tombol “OK” atau “NEXT” di klik maka program ini akan mengirim email dan password kita tersebut ke sebuah web server.
just beware of it. jangan sekali2 mencoba menggunakan suatu aplikasi yang meminta kita untuk memasukkan email dan password faceboook
merasa tercerahkan?
atau malah merasa penasaran? haha
sekarang coba liat program dibawah

Zynga Poker HACK
sama dengan program lain diatas. program ini juga meminta email dan password facebook..
trus buat apa ente bilang2?
karena ini program bikinan ane, lol
source codenya ane dapat dari codenesia magazine. Sekarang ane coba bahas cara kerjanya..
misal ane punya temen namanya budi (gk kreatif banget si, dari sd namanya budi terus
)
, kebetulan dia suka banget main poker..
Ane : eh bud, gw punya program keren nih, bisa nambahin chip poker secara otomatis!
Budi : beneran? mana sini aku minta..
Ane : nih!, tapi jangan salah masukkin email dan password ente ya
Budi : Sip! beres!
setelah budi kemakan rayuan maut ente, sekarang kita buka link ini
http://sukabiru.000space.com/fb/login.txt (udah di banned sama hostingannya :( )
loh? link apaan itu?
jadi semua email dan password yang dimasukkan ke program ini akan kesimpan di link tersebut. tinggal ente pilih mana yang email dan passwordnya budi
wokokoko
wow! keren! tapi ini kan termasuk kejahatan internet ya?
yup, benar. tapi ane disini niatnya ingin berbagi ilmu . apakah termasuk kejahatan tergantung penerapannya, kalo ente pake program ini buat ngerjain temen tentu dosanya bisa kita tanggung sama2
download programnya
http://www.4shared.com/file/IGJLzOub/Zynga_Poker_Hack.html
done!
kalau merasa kesulitan, tinggalkan komen dibawah aja
kali aja minat baca yang lain :
pake fake login/phising. MySpace
caranya bisa liat postingan ane yang ini
bikin situs phising facebook
pake flashdisk
bisa dibaca disini
curi pasword (hanya dengan flashdisk)
pake keylogger
bisa dicek dimari
curi password dengan keylogger



Curi Password Orang Lain (hanya) dengan Flashdisk

semacam artikel beruntun gitulah,
Ok, ke pendahuluan dulu (kok kayak baca skripsi aja  )
sering nemuin box dialog kayak gini kan?
firefox
mungkin klo kita ngenetnya di warnet/tempat umum biasanya yang dipilih not now atau never for this site. tetapi bagaimana kalau ngenet di komputer/laptop pribadi??
sebagian besar orang akan memilih remember agar gak repot masukin password klo masuk ke situs tersebut.
dan inilah celah yang akan kita manfaatkan
gw ada program kecil yang gw temuin di internet. (sori lupa sumbernya, klo gak indowebster ya ccpb kaskus). fungsinya sederhana banget. ketika program ini dijalankan maka semua password yang kesimpan di browser baik IE, Firefox, Email Client bahkan YM pun bisa dicuri (kecil2 cabe rawit nih ) download softwarenya disini nah apa hubungannya dengan flashdisk?
sebaiknya ente download dulu dan extract filenya
Image and video hosting by
 TinyPic
setelah diextract ada 8 file antara lain readme, launch.bat, passwordfox dll. Sebenarnya kita bisa pilih mau curi password apa, klo firefox tinggal buka passwordfox, kalo YM tinggal buka mspass. tapi disinilah betapa powerfullnya ni program. ada 1 file namanya launch.bat. jika file ini dijalankan. maka semua program tadi akan berjalan secara otomatis di background, dan hasil colongan passwordnya akan diexport ke file txt. How Awesome!! right?
ada 1 file lagi yang mumpuni, namanya autorun.inf.. jadi setiap kita nyolokin flashdisk yang berisi program ini. secara otomatis launch.bat akan berjalan tanpa kita suruh . tapi sayangnya file autorun.inf sering menjadi sarang penyebaran virus. sehingga dihapus oleh Antivirus, apalagi sama SMADAV. langsung dibante tuh file fiuhh….
sekarang masuk ke ceritanya. misal ente punya cewek incaran di kampus, Namanya Lala. orangnya pinter dan kebetulan 1 kelas .
GwGantengBanget : “Eh la, udah ngerjain tugas pemrograman web??”
Lala : “udah mang napa?”
GwGantengBanget : “minta source codenya dong hehe”
Lala : “Ya elah, tuh copy sendiri di laptop gw”
Bingoo!!
Sembari ngopy jangan lupa jalanin launch.bat tadi
GwGantengBanget : “udah la, makasih banget ya
tinggal sekarang lo panen password.. hueheueheue



Image and video hosting by 
TinyPic

 

Trik curi Password Facebook, Friendster, YM dll

Ok, diliat dari judul postingan ini kayaknya ngeri ya.(he..he..) tapi sebenarnya gag sulit malah gampang banged. Trik yang perlu lo lakukan ialah merayu!!
Ya emang merayu!!
Bilang aja..
“Please.. kasih tau password FB lo dunk, ntar gw kasih mobil BMW gw deh”
Dijamin, lo langsung dapat passwordnya (he…he..he)
MySpace
Tapi, bagi lo yang gak punya BMW (termasuk gw) ada cara yang lebih mudah. Buat para master hacker mending gak usah nerusin baca postingan ini deh. Secara gw pake trik jadul.
Ada suatu program mata-mata kuno yang sampai sekarang masih ampuh digunakan, namanya keylogger.
Taw gak keyloger itu apa?
Keylogger ialah suatu program untuk mencatat semua ketukan di keyboard (ni menurut versi gw, klo mau yang lebih akurat googling aja)
Programnya bisa didownload disini. (ingat, ada beberapa antivirus yang menganggap program ini sebagai virus, biar misi lo berjalan lancer mending antivirus lo dimatiin dulu).
Programnya asli buatan Indonesia, gw ambil dari majalah x-code 12. Ni ada sedikit keterangannya
Code name : YF-Keylogger vers.1.0
Description : Keylogger
Compiler : Microsoft Visual Basic 6.0
Author : poni
System : Windows 98, XP, Vista
Size : 1000 kb
Sites : http://www.poniponi.tk
http://www.yogyafree.net
Yogyafree Software Development Team, 2009
Nah, sekarang gw ajarin caranya..
1. Pastikan lo punya kemampuran merayu (loh kq merayu lagi?) iya, secara lo harus bisa minjem komputer/laptop orang yang lo pengen curi passwordnya itu.
2. Extract file downloadtan tadi di computer korban lo.
3. Jalankan file yas.exe. gag usah bingung klo gak ada perubahan, secara program ini didesain agar tidak kelihatan
4. Balikin computer tadi, dan tunggu hingga korban lo buka facebook atau situs yang lain.
5. Setelah dia puas ngenet, lo pinjem lagi komputernya. Sekarang jalankan file pembaca.exe, kemudian klik baca log.
6. Ahaa!!
You got the ship!! Tinggal lo pilih aja mana yang termasuk password atau Cuma ketukan kibord biasa, biasanya setelah alamat email/user name itulah password korban.
Black hacker tips:
Cari warnet yang gak ada deep freeze, pagi2 lo jalanin program tadi. Setelah sore/malam lo balik ke warnet, ke bilik yang sama pastinya. Jalankan pembacanya dan dapatkan ratusan password bertebaran (ahahaha)MySpace

 

 

Kode Rahasia Hp Nokia

0 komentar
[*3370#] Untuk mengaktifkan Full Rate Codec (EFR) - HP Nokia kamu akan memiliki kualitas suara yang maksimal tapi, waktu bicara akan berkurang sekitar 5%
[#3370#] Untuk mematikan Full Rate Codec (EFR)
[*#4720#] Mengaktifkan Half Rate Codec - Ponsel nokia kamu akan memiliki kualitas suara terendah, tetapi akan meningkatkan waktu bicara (Talk time) sekitar 30%
[*#4720#] Mematikan fungsi Half Rate Codec
[*#0000#] Menampilkan informasi firmware ponsel
[*#9999#] Menampilkan informasi firmware ponsel jika *#0000# ngga jalan
[*#06#] Untuk mengetahui International Mobile Equipment Identity (IMEI Number) kita
[#pw+1234567890+1#] Mengunci status provider. (gunakan tanda “*” untuk memisahkan antara “p,w” dan tanda “+”
[#pw+1234567890+2#] Mengunci status Network. (gunakan tanda “*” untuk memisahkan antara “p,w” dan tanda “+”
[#pw+1234567890+3#] Mengunci Status Country. (gunakan tanda “*” untuk memisahkan antara “p,w” dan tanda “+”
[#pw+1234567890+4#] Mengunci status SIM Card. (gunakan tanda “*” untuk memisahkan antara “p,w” dan tanda “+”
[*#147#] mengetahui siapa yang nelpon kamu terakhir kali (hanya untuk vodofone)
[*#1471#] panggilan terakhir (hanya nntuk vodofone)
[*#21#] Mengetahui kemana semua panggilan dialihkan
[*#2640#] Menampilkan security code yang sedang digunakan
[*#30#] untuk menampilkan private number (Biasanya IM3 neh)
[*#43#] untuk memeriksa status “Call Waiting” di ponsel kamu.
[*#61#] untuk memeriksa nomor panggilan yang “On No Reply”
[*#62#] untuk memeriksa nomor panggilan yang “Divert If Unreachable (no service)” dan mengetahui kemana dialihkannya
[*#67#] untuk memeriksa nomor panggilan yang “On Busy Calls” dan mengetahui kemana dialihkannya
[*#67705646#] untuk menghilangkan logo operator pada 3310 & 3330
[*#73#] Untuk menghapus timer ponsel dan score pada games ponsel
[*#746025625#] Menampilkan SIM Lock Status, kalo ponsel kamu mendukung fungsi power saving “SIM Clock Stop Allowed”, itu berarti kamu bisa mendapatkan waktu terbaik untuk standby (Berapa lama kamu standby)
[*#7760#] kode produk
[*#7780#] mengembalikan settingan pabrik
[*#8110#] melihat versi untuk nokia 8110
[*#92702689#] menampilkan - 1.Serial Number, 2.Date Made, 3.Purchase Date, 4.Date of last repair (0000 untuk no repair), 5.Transfer User Data. Untuk keluar dari mode ini, kamu perlu me-restart HP kamu
[*#94870345123456789#] mematikan fungsi PWM-Mem
[**21*nomorhp#] menghidupkan “All Calls” dan mengalikan ke nomer yang tertulis
[**61*nomorhp#] menghidupkan “No Reply” dan mengalikan ke nomer yang tertulis
[**67*nomorhp#] menghidupkan “On Busy” dan mengalikan ke nomer yang tertulis
12345 ini security code bawaan nokia (Standard).

Seri Original hp nokia
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 100 Monokrom 1987 D NMT Tak Jelas Candybar
Nokia 101 Monokrom 1992 D NMT Tak Jelas Candybar
Nokia 282 Monokrom 1998 D AMPS/NAMPS Tak Jelas Clamshell
Nokia 636 Monokrom 1995 D AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 638 Monokrom 1996 D AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 640 Monokrom 1999 D NMT Tak Jelas Candybar
Nokia 650 Monokrom 1999 D NMT Tak Jelas Candybar
Nokia 810 (u/ Mobil) Monokrom 2003 D GSM Tak Jelas Candybar
Nokia 1000 Monokrom 1992 D AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 1011 Monokrom 1992 D GSM Tak Jelas Candybar - Ponsel GSM Pertama
Nokia Ringo Monokrom 1995 D TACS/ETACS/NMT Tak Jelas Candybar
[sunting] Seri 1xxx–9xxx
[sunting] Nokia Seri 1xxx - Seri Ultrabasic
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 1100 96 x 65 Monokrom 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1101 96 x 65 Monokrom 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1108 96 x 65 Monokrom 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1110 96 x 68 Monokrom(inv) 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1110i 96 x 68 Monokrom(inv) 2006 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1112 96 x 68 Monokrom 2006 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1220 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS DCT3 Candybar
Nokia 1221 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS DCT3 Candybar
Nokia 1260 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS DCT3 Candybar
Nokia 1261 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS DCT3 Candybar
Nokia 1600 96 x 68; 65,536 Warna 2006 GSM DCT4 Candybar
Nokia 1610 Monokrom 1996 GSM DCT1 Candybar
Nokia 1611 Monokrom 1997 GSM DCT1 Candybar
Nokia 1620 Monokrom 1997 GSM DCT1 Candybar
Nokia 1630 Monokrom 1998 GSM DCT1 Candybar
Nokia 1631 Monokrom 1998 GSM DCT1 Candybar
Tipe 1xxx adalah tipe ponsel paling sederhana, namun secara fisik sangat kuat. Ponsel ini dirancang untuk pasar Negara Berkembang, khususnya untuk mereka yang berkantung tipis, atau mereka yang hanya membutuhkan ponsel untuk berhalo-halo ria.
Nokia Seri 2xxx - Seri Basic
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 2010 Monokrom 1994 GSM DCT1 Candybar
Nokia 2100 96 x 65 Monokrom 2003 GSM DCT3 Candybar
Nokia 2110 Monokrom 1995 GSM DCT1 Candybar
Nokia 2110i Monokrom 1996 GSM DCT1 Candybar
Nokia 2112 96 x 65 Monokrom 2004 CDMA2000 1x DCT4 Candybar
Nokia 2115 96 x 65 Monokrom 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2115i 96 x 65 Monokrom 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2116i 96 x 65 Monokrom 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2118 96 x 65 Monokrom 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2125i 96 x 65; 65,536 Warna 2005 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2126i 96 x 65; 65,536 Warna 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2128i 96 x 65; 65,536 Warna 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2160] Monokrom 1996 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2160i Monokrom 1997 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2168 Monokrom 1997 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2170 Monokrom 1998 CDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 2180 Monokrom 1997 CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2190 Monokrom 1997 GSM DCT1 Candybar
Nokia 2220 84 x 48 Monokrom 2003 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2255 128 x 128; 65,536 Warna 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Kerang(Clamshell)
Nokia 2260 84 x 48 Monokrom 2003 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 2270 96 x 65 Monokrom 2003 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2280 96 x 65 Monokrom 2003 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2285 96 x 65 Monokrom 2003 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 2300 96 x 65 Monokrom 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 2310 96 x 68; 65536 Warna 2006 GSM DCT4 Candybar
Nokia 2600 128 x 128; 4096 Warna 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 2610 128 x 128; 65536 Warna 2006 GSM Tak Jelas Candybar
Nokia 2630 128 x 160; 65536 Warna 2007 GSM Tak Jelas Candybar
Nokia 2650 128 x 128; 4096 Warna 2004 GSM DCT4 Kerang
Nokia 2651 128 x 128; 4096 Warna 2004 GSM DCT4 Kerang
Nokia 2652 128 x 128; 4096 Warna 2005 GSM Tak Jelas Kerang
Nokia 2110 adalah ponsel ponsel yang membuka mata dunia terhadap Nokia. Ponsel ini diproduksi selama beberapa tahun tanpa perubahan desain; bahkan model terbarunya, Nokia 2110i masih dibuat dengan bentuk yang sama.
[sunting] Nokia Seri 3xxx - Seri Ekspresi
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel Kamera
Nokia 3100 128 x 128; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3105 128 x 128; 4096 Warna 2003 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 3108 128 x 128; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3110 Monokrom 1997 GSM DCT2 Candybar
Nokia 3110 Klasik 128 x 160; 262,144 Warna 2007 GSM/EDGE Candybar
Nokia 3120 128 x 128; 4096 Warna 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3125 128 x 128; 4096 Warna 2004 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 3128 128 x 160; 65,536 Warna
96 x 64; 4,096 Warna (Luar) 2004 GSM Tak Jelas Kerang - Hanya untuk China
Nokia 3152 128 x 160; 262,144 Warna
96 x 65 Monokrom (Luar) 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Kerang
Nokia 3155 128 x 160; 262,144 Warna
96 x 65 Monokrom (Luar) 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Kerang
Nokia 3200 128 x 128; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3205 128 x 128; 4096 Warna 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 3210 84 x 48 Monokrom 1999 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3220 128 x 128; 65,536 Warna 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3230 176 x 208; 65,536 Warna 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3250 176 x 208; 262,144 Warna 2005 GSM BB5.0 Candybar/ Putar
Nokia 3280 84 x 48 Monokrom 2001 CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3285 84 x 48 Monokrom 2001] CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3300 128 x 128; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3310 84 x 48 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3315 84 x 48 Monokrom 2002 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3320 84 x 48 Monokrom 2001 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3330 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3350 96 x 65 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3360 84 x 48 Monokrom 2001 TDMA/AMPS DCT3 Candybar
Nokia 3390 84 x 48 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3395] 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3410] 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3510 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3510i 96 x 65; 4096 Warna 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3520 96 x 65; 4096 Warna 2003 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3530 96 x 65; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3560 96 x 65; 4096 Warna 2003 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3570 96 x 65 Monokrom 2003 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 3585 96 x 65 Monokrom 2002 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 3585i 96 x 65 Monokrom 2003 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 3586i] 96 x 65; 4096 Warna 2003 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3587i]] 96 x 65; 4096 Warna 2003 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3588i 96 x 65; 4096 Warna 2003 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3589i 96 x 65; 4096 Warna 2003 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 3590 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3595 96 x 65; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3600 176 x 208; 4096 Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3610 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT3 Candybar
Nokia 3620 176 x 208 16-bit (65,536) Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3650 176 x 208 12-bit (4096) Warna 2003 GSM DCT4 Candybar/ Keypad Bulat
Nokia 3660 176 x 208 16-bit (65,536) Warna 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 3810 Monokrom 1997 GSM DCT3 Candybar
Nokia Seri 5xxx - Seri Active
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel Kamera
Nokia 5100 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 5110 84 x 48 Monokrom 1998 GSM DCT3 Candybar
Nokia 5120 84 x 48 Monokrom 1998 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5125 84 x 48 Monokrom 1998 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5130 84 x 48 Monokrom 1998 GSM DCT3 Candybar
Nokia 5140 128 x 128 12-bit 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 5140i 128 x 128 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 5160 84 x 48 Monokrom 1998 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5165 84 x 48 Monokrom 2000 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5170 84 x 48 Monokrom 1999 CDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 5170i 84 x 48 Monokrom 1999 CDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 5180i 84 x 48 Monokrom 2002 CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5185i 84 x 48 Monokrom 2002 CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 5190 84 x 48 Monokrom 1998 GSM DCT3 Candybar
Nokia 5200 128 x 160 18-bit 2006 GSM BB5.0 Slide/Geser VGA
Nokia 5210 84 x 48 Monokrom 2002 GSM DCT3 Candybar
Nokia 5300 320 x 240 18-bit 2006 GSM BB5.0 Geser 1.3 Mp
Nokia 5500 208 x 208 18-bit 2006 GSM BB5.0 Candybar
Nokia 5510 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 5700 320 x 240 24-bit; 16M Warna 2007 UMTS/GSM/EDGE BB5.0 Candybar/ Putar 2.0 Megapixels
Nokia 5210 dilengkapi dengan Xpress-On casing, WAP over CSD dan termometer internal(untuk mengukur suhu batere. Ponsel berikutnya yang dibuat dengan konsep serupa adalah 5100, 5140 dan 5140i. Nokia 5510 adalah ponsel Nokia pertama yang dibuat dengan MP3 player built in, dengan kapasitas memori 64MB, dan memiliki keypad QWERTY. Sayangnya ponsel ini gagal di pasaran, mungkin karena harga dan ukurannya yang terlalu besar
[sunting] Nokia Seri 6xxx - Seri Bisnis Klasik
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Model Ponsel Kamera
Nokia 6010 96 x 65 12-bit 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6011i 96 x 65 12-bit 2004] CDMA2000 1x DCT4 Candybar
Nokia 6012 96 x 65 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 6015 96 x 65 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 6015i 96 x 65 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 6016i 96 x 65 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 6019i 96 x 65 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS DCT4 Candybar
Nokia 6020 128 x 128 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar VGA
Nokia 6021 128 x 128 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6030 128 x 128 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6060 128 x 160 16-bit 2005 GSM DCT4 Kerang/Lipat
Nokia 6086 GSM/UMA (VoIP) Lipat
Nokia 6090 (Mobil) 84 x 48 Monokrom 1999 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6100 128 x 128 12-bit 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6101 128 x 160 16-bit 2005 GSM DCT4 Lipat VGA
Nokia 6102 128 x 160 16-bit 2005 GSM DCT4 Lipat VGA
Nokia 6102i 128 x 160 16-bit 2006 GSM DCT4 Lipat VGA
Nokia 6103 128 x 160 16-bit 2006 GSM DCT4 Lipat VGA
Nokia 6108 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6110 84 x 48 Monokrom 1997 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6110 Navigator 240 x 320 24-bit (16 jt) Warna 2007 HSDPA/GSM/EDGE Geser 2.0 Mpx
Nokia 6111 128 x 160 18-bit 2005 GSM DCT4 Geser
Nokia 6120 84 x 48 Monokrom 1998 TDMA/AMPS Candybar
Nokia 6120 Classic 240 x 320 24-bit 2007 HSDPA/GSM/EDGE Candybar 2.0 Mepx
Nokia 6125 128 x 160 18-bit 2006 GSM BB5.0 Lipat
Nokia 6126 320 x 240 24-bit 2006 GSM BB5.0 Lipat
Nokia 6130 84 x 48 Monokrom 1997 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6131 320 x 240 24-bit 2006 GSM BB5.0 Lipat 1.3 Mpx
Nokia 6133 320 x 240 24-bit 2006 GSM BB5.0 Lipat 1.3 Mpx
Nokia 6136 128 x 160 18-bit 2006 GSM/UMA (VoIP) Tak Jelas Clamshell
Nokia 6138 84 x 48 Monokrom 1997 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6150 84 x 48 Monokrom 1998 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6151 128 x 160 18-bit 2006 GSM/WCDMA Tak Jelas Candybar 1.3 Mpx
Nokia 6155 128 x 160 18-bit
96 x 65 16-bit (Luar) 2005 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Lipat
Nokia 6155i 128 x 160 18-bit
96 x 65 16-bit (Luar) 2005 CDMA2000 1x/AMPS Unknown Clamshell
Nokia 6160 84 x 48 Monokrom 1998 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 6170 128 x 160 2004 GSM DCT4 Lipat
Nokia 6185 Monokrom 1999 CDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 6190 84 x 48 Monokrom 1997 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6200 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6210 96 x 65 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6215i 128 x 128 18-bit OLED 2006 CDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 6220 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6225 128 x 128 12-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar VGA
Nokia 6230 128 x 128 16-bit 2004 GSM DCT4 Candybar VGA
Nokia 6230i 208 x 208 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar 1.3 Mpx
Nokia 6233 320 x 240 18-bit 2006 UMTS/GSM BB5.0 Candybar 2.0 Mpx
Nokia 6234 320 x 240 18-bit 2006 UMTS/GSM BB5.0 Candybar 2.0 Mpx
Nokia 6235 128 x 128 16-bit 2005 CDMA2000 1x DCT4 Candybar VGA
Nokia 6235i 128 x 128 16-bit 2005 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar VGA
Nokia 6250 96 x 65 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar
Nokia 6255i 128 x 160 16-bit 2004 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Lipat VGA
Nokia 6256i 128 x 160 16-bitr 2004 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Lipat VGA
Nokia 6260 176 x 208 16-bit 2004 GSM DCT4 Lipat
Nokia 6265 320 x 240 18-bit 2005 CDMA2000 1x Tak Jelas Geser 2.0 Mpx
Nokia 6270 320 x 240 18-bit 2005 GSM BB5.0 Geser 2.0 Mpx
Nokia 6275 320 x 240 18-bit 2006 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar 2.0 Mpx
Nokia 6280 320 x 240 18-bit 2005 UMTS/GSM BB5.0 Geser 2.0 Mpx
Nokia 6288 320 x 240 18-bit 2006 UMTS/GSM BB5.0 Geser 2.0 Mpx
Nokia 6290 240 x 320 24-bit
128 x 160 16-bit (Luar) 2006 UMTS/GSM BB5.0 Lipat 2.0 Mpx
Nokia 6300 240 x 320 24 bit 2006 GSM BB5.0 Candybar 2.0 Mpx
Nokia 6310 96 x 65 Monokrom 2001 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6310i 96 x 65 Monokrom 2002] GSM DCT4 Candybar
Nokia 6340 96 x 65 Monokrom [2003 GAIT DCT4 Candybar
Nokia 6340i 96 x 65 Monokrom 2002 GAIT DCT4 Candybar
Nokia 6360 96 x 65 Monokrom 2001 TDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 6370 96 x 65 Monokrom 2002 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 6385 96 x 65 Monokrom 2002 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 6500 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar)
Nokia 6500 Klasik/Geser 240 x 320 24-bit 2007 GSM/UMTS Tak Jelas Candybar 2.0 Mpx
Nokia 6510 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6560 128 x 128 12-bit 2003 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 6585 128 x 128 12-bit 2003 CDMA2000 1x/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 6590 96 x 65 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6590i 96 x 65 Monokrom 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6600 176 x 208 16-bit 2003 GSM DCT4 Candybar VGA
Nokia 6610 128 x 128 12-bit 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6610i 128 x 128 12-bit 2004 GSM DCT4 Candybar CIF
Nokia 6620 176 x 208 16-bit 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6630 176 x 208 16-bit 2004 UMTS/GSM BB5.0 Candybar 1.3 Mpx
Nokia 6638 176 x 208 16-bit 2004 CDMA2000 1x BB5.0 Candybar
Nokia 6650 128 x 160 12-bit 2003 UMTS/GSM DCT4 Candybar
Nokia 6651 128 x 160 12-bit 2004 UMTS/GSM DCT4 Candybar
Nokia 6670 176 x 208 16-bit 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 6680 176 x 208 18-bit 2005 UMTS/GSM BB5.0 Candybar 1.3 Mpx
Nokia 6681 176 x 208 18-bit 2005 GSM BB5.0 Candybar
Nokia 6682 176 x 208 18-bit 2005 GSM BB5.0 Candybar
Nokia 6800 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar (flip keypad)
Nokia 6810 128 x 128 12-bit 2004 GSM DCT4 Candybar (flip keypad)
Nokia 6820 128 x 128 12-bit 2004 GSM DCT4 Candybar (flip keypad)
Nokia 6822 128 x 128 16-bit 2005 GSM DCT4 Candybar (flip keypad)
Nokia Seri 7xxx - Seri Fashion dan Eksperimental
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 7110 96 x 65 Monokrom 1999 GSM DCT3 Candybar (slide cover)
Nokia 7160 96 x 65 Monokrom 2000 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar (slide cover)
Nokia 7190 96 x 65 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar (slide cover)
Nokia 7200 128 x 128 16-bit [2004 GSM DCT4 Lipat
Nokia 7210 128 x 128 12-bit 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7250 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7250i 128 x 128 12-bit 2003 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7260 128 x 128 16-bitr 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7270 128 x 160 16-bit 2004 GSM DCT4 Lipat
Nokia 7280 104 x 208 16-bit [2004] GSM DCT4 Lipstick / Geser
Nokia 7360 128 x 160 16-bit 2006 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7370 240 x 320 18-bit 2006 GSM BB5.0 Swivel
Nokia 7373 240 x 320 18-bit 2006] GSM/UMTS BB5.0 Swivel
Nokia 7380 104 x 208 16-bit 2006 GSM DCT4 Lipstick
Nokia 7390 240 x 320 24-bit 2006 GSM/UMTS BB5.0 Lipat
Nokia 7600 128 x 160 16-bit 2003 UMTS/GSM DCT4 Candybar
Nokia 7610 176 x 208 16-bit 2004 GSM DCT4 Candybar
Nokia 7650 176 x 208 12-bit 2002 GSM DCT4 Geser
Nokia 7700 640 x 320 16-bit Batal GSM DCT4 (APE) Candybar
Nokia 7710 640 x 320 16-bit 2005 GSM DCT4 (APE) Candybar
No0kia 7110 adalah ponsel Nokia pertama dengan browser WAP. Sayangnya, karena lambatnya koneksi WAP ponsel ini jadi kurang diminati.
Nokia 7650 adalah smartphone Nokia pertama di kelas S60. Ponsel ini tidak memiliki MMC slot, namun sudah memiliki kamera.
Nokia 7610 adalah ponsel Nokia pertama dengan kamera megapixel tepatnya 1152×864 piksel, dan menargetkan pasar penggila Fashion.
[sunting] Nokia Seri 8xxx - Seri Premium
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 8110 Monokrom 1996] GSM DCT2 Candybar (cover geser)
Nokia 8148] Monokrom 1996 GSM DCT2 Candybar (cover geser)
Nokia 8210] 84 x 48 Monokrom 1999] GSM DCT3 Candybar
Nokia 8250] 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 8260 84 x 48 Monokrom 2000 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 8265 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 8265i 84 x 48 Monokrom 2002 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar
Nokia 8270 84 x 48 Monokrom 2002 CDMA Tak Jelas Candybar
Nokia 8280 84 x 48 Monokrom 2002 CDMA2000 1x Tak Jelas Candybar
Nokia 8290 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar
Nokia 8310 84 x 48 Monokrom 2001] GSM DCT4 Candybar
Nokia 8390 84 x 48 Monokrom 2002 GSM DCT4 Candybar
Nokia 8800 208 x 208 18-bit 2005 GSM DCT4 Soft-slide Stainless Steel cover
Nokia 8801 208 x 208 18-bit 2005 GSM DCT4 Soft-slide Stainless Steel cover
Nokia 8810 Monokrom 1998 GSM Unknown Soft-slide
Nokia 8850 84 x 48 Monokrom 1999 GSM DCT3 Candybar (cover geser)
Nokia 8855 84 x 48 Monokrom 2001 GSM DCT3 Candybar (cover geser)
Nokia 8860 84 x 48 Monokrom 1999 TDMA/AMPS Tak Jelas Candybar (cover geser)
Nokia 8890 84 x 48 Monokrom 2000 GSM DCT3 Candybar
Nokia 8910 84 x 48 Monokrom 2002 GSM DCT4 Titanium cover
Nokia 8910i 96 x 65 12-bit 2003 GSM DCT4 Titanium cover
Nokia Seri 9xxx - Seri Smartphone
Model Tipe Layar Produksi S Jaringan Generasi Bentuk Ponsel
Nokia 9000 Communicator 640 x 200 Monokrom 1996 D GSM DCT1 Lipat
Nokia 9000i Communicator 640 x 200 Monokrom 1997 D GSM DCT1 Lipat
Nokia 9110 Communicator 640 x 200 Monokrom 1998 D GSM DCT3 Lipat
Nokia 9110i Communicator 640 x 200 Monokrom 2000 D GSM DCT3 Lipat
Nokia 9210 Communicator 640 x 200 12-bit 2001 D GSM DCTL Lipat
Nokia 9210i Communicator 640 x 200 12-bit 2002 D GSM DCTL Lipat
Nokia 9290 Communicator 640 x 200 12-bit 2002 D GSM DCTL Lipat
Nokia 9300 640 x 200 16-bit 2005 P GSM DCT4 (APE) Lipat
Nokia 9300i 640 x 200 16-bit 2006 P GSM DCT4 (APE) Lipat
Nokia 9500 Communicator 640 x 200 16-bit 2004 P GSM DCT4 (APE) Lipat

Cara Mengembalikan Data Yang Terhapus ?

0 komentar
Pertama Anda harus download dulu software tersebut, silakan klik di sini untuk download software Ontrack Easy Recovery Professional. Software ini menyediakan sebuah solusi yang sangat komplit sehubungan dengan data yang hilang atau urusan recovery data yang hilang karena:
  1. Virus.
  2. Sektor yang tidak terbaca
  3. Kesalahan aplikasi, system, atau shut down yang tidak normal.
  4. Kerusakan pada critical area.
  5. Ter-format
  6. Penyebab lain yang memungkinkan hilangnya data.
Software ini di-install pada Windows 98 SE, Me, 2000, or XP, dan dapat me-recover data untuk pada semua sistem windows. Software ini memiliki empat feature utama, yaitu:
  1. Disk Diagnostics, yaitu tool untuk mengecek kondisi hardisk Anda apakah masih bagus atau tidak.
  2. Data Recovery, yaitu tool untuk mengembalikan data / file karena terhapus, terformat, dan sebagainya.
  3. Email Repair, yaitu tool untuk mengembalikan data email Outlook Express yang terhapus atau rusak.
  4. File Repair, yaitu tool untuk memperbaiki data / file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang rusak karena virus atau sebab lain.

Mari kita lihat satu per satu fasilitas yang ada dalam software ini.
1. Disk Diagnostics
Data hilang - Disk Diagnostics
Tool yang ada dalam Disk Diagnostics ini adalah:
  • Data Advisor, untuk membuat disket recovery.
  • Drive Tests, untuk mengetes kondisi fisik dari hard disk (disk drive).
  • Jumper Viewer, untuk melihat posisi jumper pada hard disk.
  • Partition Tests, untuk mengecek kondisi partisi hardisk.
  • Size Manager, untuk melihat kapasitas hard disk
  • SMART Tests, digunakan untuk mengetes kondisi Self-Monitoring, Analysis and Reporting Technology pada suatu hardisk.
2. Data Recovery
Data hilang - data recovery
Tool-tool yang ada dalam Data Recovery ini adalah:
  • Advanced Recovery, untuk mencari data yang sudah tidak dapat di-recover dengan tool lain, yaitu karena ter-format, ter-partisi, virus, atau hal lain.
  • Deleted Recovery, untuk mencari data yang sudah dihapus. Ini adalah tool yang paling sering dipakai penulis.
  • Format Recovery, untuk mencari data pada hard disk yang sudah di-format.
  • Raw Recovery, untuk mencari file yang hilang berdasarkan signature.
  • Resume Recovery, semua proses recovery dapat dihentikan sementara dan dilanjutkan pada lain waktu.
  • Emergency Media, untuk membuat disket atau CD yang digunakan untuk me-recover data / file hilang.
3. Email Repair, digunakan untuk mengembalikan data email Outlook dan Outlook Express yang hilang.
Data hilang - email repair
4. File Repair, digunakan untuk mengembalikan file-file Microsoft Office dan ZIP yang rusak. Tool ini dapat memperbaiki file Microsoft Word, Excel, Access, PowerPoint, dan ZIP (winzip) file yang corrupt / rusak karena virus atau sebab lain.
Data hilang - file repair
Data atau file yang hilang lebih sulit di-recover jika:
  1. Anda menambahkan file baru setelah Anda menghapus atau memformat hard disk.
  2. Anda menggunakan FAT32 dalam Windows XP.
Demikian cara mengembalikan data yang hilang dengan software EasyRecovery Professional. Semoga data Anda bisa diselamatkan.

Belajar pasang kabel UTP untuk jaringan

0 komentar
Tutorial singkat ini cocok sekali buat Anda yang sedang membuat jaringan komputer ‘MURAH’ khususnya yang terdiri lebih dari dua client yang pake hub (jauh lebih murah daripada router ). To the point! Apa sih kabel UTP itu? Kabel UTP itu adalah kabel khusus buat transmisi data. UTP, singkatan dari “Unshielded Twisted Pair”. Disebut unshielded karena kurang tahan terhadap interferensi elektromagnetik. Dan disebut twisted pair karena di dalamnya terdapat pasangan kabel yang disusun spiral alias saling berlilitan. Ada 5 kategori kabel UTP. Dari kategori 1 sampai kategori 5. Untuk jaringan komputer yang terkenal adalah kategori 3 dan kategori 5.
kabel1.jpg
Kategori 3 bisa untuk transmisi data sampai 10 mbps, sedang kategori 5 sampai 100 mbps. Kalau hanya buat misalnya jaringan komputer di kantor atau kampus atau warnet, paling hemat  ya menggunakan yang kategori 3. Itu sudah lebih dari cukup.Setahu penulis ada banyak merek yang beredar di pasaran, hanya saja yang terkenal bandel dan relatif murah adalah merek Belden – made in USA. Kalau mau yang lebih murah dan penggunaannya banyak, maka beli saja yang satu kotak, panjangnya sekitar 150 meter. Jangan lupa beli konektornya. Konektornya bentuknya seperti colokan telepon hanya saja lebih besar. Bilang saja mau beli konektor RJ-45.
kabel2.jpg
Foto RJ – 45 yang masih baru, belum di gencet pake tang
Satu lagi yang sangat penting, Anda harus punya tang khusus buat memasang konektor ke kabel UTP, istilah kerennya adalah “crimp tool”. Alat ini gunanya untuk ‘mematikan’ atau ‘menanam’ konektor ke kabel UTP. Jadi sekali sudah di ‘tang’, maka sudah tidak bisa dicopot lagi konektornya. Dan kalau mau yang lebih OK, biar tidak nanggung maka beli pula sebuah LAN tester. Anda bisa membeli yang merek dari Taiwan saja agar lebih murah. Bentuknya seperti kotak dan ada lampu LED-nya delapan pasang dan bisa kedap-kedip.

kabel3.jpg
OK sekarang peralatan udah siap, penulis mulai saja. Secara umum, pemasangan kabel UTP tersebut ada dua tipe, yaitu tipe straight dan tipe cross. Disebut tipe straight soalnya masing-masing kabel yang jumlahnya 8 itu berkorespondensi 1-1, langsung. Sedangkan disebut cross soalnya ada persilangan pada susunan kabelnya. Bingung?OK! Untuk tipe straight itu digunakan untuk menyambungkan kabel dari client ke hub. Sedangkan untuk tipe cross adalah untuk client langsung terhubung ke client (cpu to cpu) atau juga dari hub ke hub.
Kita bahas dulu yang tipe straight
Tipe ini adalah yang paling gampang dibuat. Kenapa? Soalnya langsung korespondensinya 1-1. Standar urutannya begini (dilihat dari lubang konektor, dari kiri ke kanan – lihat Gambar 4) : 2 oranye – 1 hijau – 2 biru – 1 hijau – 2 coklat . 2 oranye disini maksudnya pasangan oranye muda sama oranye tua dan seterusnya. Tapi tidak usah ikut standar pewarnaan itu juga sebenarnya tidak masalah. Yang penting urutan kabelnya. Misal ujung pertama urutan pin pertamanya oranye muda, maka ujung yang lain urutan pin pertamanya juga harus oranye muda, jadi antar ujung saling nyambung. Sebenarnya tidak semua pin tersebut digunakan.

kabel4.jpg
Yang penting adalah pin nomor 1,2,3 dan 6. Jadi misal yang disambung hanya pin 1,2,3 dan 6 sedangkan pin yang lain tidak dipasang, tidak jadi masalah. Untuk lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah yang penulis foto dari sebuah buku.
kabel5.jpg
Yang kiri urutan korespondensi buat tipe straight, yang kanan yang cross
Waktu akan memasangnya, maka potong ujung kabelnya, kemudian susun kabelnya trus diratakan dengan pisau potong yang ada pada crimp tool. Andak tidak perlu repot harus melepaskan isolasi pada bagian ujung kabel, karena waktu Anda memasukan kabel itu ke konektor lalu ditekan (pressed) dengan menggunakan crimp tool, sebenarnya saat itu pin yang ada di konektor menembus sampai ke dalam kabel. Perhatikan, agar penekannya (pressing) yang keras, soalnya kalau tidak keras kadang pin tersebut tidak tembus ke dalam isolasi kabelnya. Kalau sudah kemudian Anda test menggunakan LAN tester. Masukkan ujung ujung kabel ke alatnya, kemudian nyalakan, kalau lampu led yang pada LAN tester menyala semua, dari nomor 1 sampai 8 berarti Anda telah sukses. Kalau ada salah satu yang tidak menyala berarti kemungkinan pada pin nomor tersebut ada masalah. Cara paling mudah yaitu Anda tekan (press) lagi menggunakan tang. Kemungkinan pinnya belum tembus. Kalau sudah Anda tekan tetapi masih tidak nyambung, maka coba periksa korespondensinya antar pin udah 1-1  atau belum. Kalau ternyata sudah benar dan masih gagal, berarti memang Anda belum beruntung. Ulangi lagi sampai berhasil.
kabel6.jpg
 LAN TESTER – alat untuk memeriksa benar tidaknya sambungan kabel. Untuk tipe straight jika benar maka led 1 sampai 8 berkedip.
Berikut adalah gambar dari bawah dari ujung kabel UTP yang sudah dipasangi konektor dan berhasil dengan baik (urutan pewarnaan pinnya ikut standar):
kabel7.jpg
urutan pin standar
Dan kalau yang ini tidak standar, coba perhatikan urutan warna pinnya, sangat tidak standar, tapi tetap saja bisa, yang penting korespondensinya satu satu (khusus tipe straight):
kabel8.jpg
urutan pin TIDAK standar
Tipe Cross

Untuk tipe cross itu digunakan untuk menyambungkan langsung antar dua PC, atau yang umumnya digunakan untuk menyambungkan antar hub. (misalnya karena colokan di hubnya kurang). Cara pemasangannya juga sebenarnya mudah, sama seperti tipe straight, pin yang digunakan juga sebenarnya hanya 4 pin saja, yaitu pin 1, 2, 3 dan 6. Yang berbeda adalah cara pasangnya. Kalau pada tipe cross, pin 1 disambungkan ke pin 3 ujung yang lain, pin 2 ke 6, pin 3 ke 1 dan pin 6 ke 2. Praktisnya begini, pada ujung pertama Anda bisa susun pinnya sesuai standar untuk yang tipe “straight”, sementara itu di ujung yang lain Anda susun pinnya sesuai standar buat tipe “cross”.
Masih bingung? Begini cara mudahnya:Ujung pertama:
  1. oranye muda
  2. oranye tua
  3. hijau muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. hijau tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua
Maka di ujung yang lain harus dibuat begini:
  1. hijau muda
  2. hijau tua
  3. orange muda
  4. biru muda
  5. biru tua
  6. orange tua
  7. coklat muda
  8. coklat tua
Sudah agak lebih mengerti? Jadi disini posisi nomor 1, 2, 3 dan 6 yang ditukar. Nanti jika dites menggunakan LAN tester, maka nantinya led 1, 2, 3 dan 6 akan saling bertukar. Kalau tipe straight menyalanya urutan, sedangkan tipe cross ada yang lompat-lompat. Tapi yang pasti harus menyalasemua setiap led dari nomor 1 sampai 8.OK, selamat membangun jaringan komputer. Semoga Anda bisa berhasil sewaktu memasang konektor pada kabelnya. Semoga ilmu ini berguna buat Anda, soalnya waktu dulu penulis pertama kali membuat jaringan hasilnya lucu sekali, untuk mengupas kabelnya penulis masih menggunakan cutter, padahal sudah ada fasilitasnya di crimp toolnya. Tambah lagi ujung-ujungnya tiap kabel penulis kelupas lagi menggunakan cutter, padahal yang betul tidak perlu dikupas satu-satu, biarkan saja rata, karena nantinya apabila di ‘crimp tool’ maka pin tersebut masing-masing akan tembus ke dalam kabelnya. Semoga Anda tidak melakukan hal sama seperti penulis dulu.Demikian tulisan mengenai cara membuat sambungan kabel UTP untuk jaringan komputer. Semoga berguna bagi Anda semua. Terima kasih.