Thursday, January 19, 2017


Sering kali anda lupa dengan kata sandi ata password dari sebuah akun Google dan ujung-ujungnya anda tidak dapat masuk kea kun Google yang sudah anda punya. Untuk itu, kita bahas mengenai cara memulihkan akun Google untuk mendapatkan akunnya kembali.
Saran Dalam Pengisian Formulir :
  1. Gunakan koneksi internet, perangkat (tablet, ponsel, atau komputer), dan lokasi yang sering kita gunakan mengakses akun tersebut. Koneksi internet dan perangkat adalah salah satu bukti kepemilikan yang bisa kita berikan dalam formulir tersebut.
  2. Pastikan kita mengisi seluruh pertanyaan yang ada dalam formulir pemulihan akun. Jika Anda tidak yakin atau tidak mengetahui dengan jawaban tersebut, kita dapat menebaknya. Semakin sedikit pertanyaan yang kita lewati, semakin banyak bukti kepemilikan yang kita berikan untuk pemulihan akun kita.
  3. TIDAK melakukan pengisian formulir berkali-kali sebelum kita mendapatkan jawaban akhir dari Google karena akan menghambat proses pemulihan yang sedang berjalan.
Cara Pemulihan akun Google :

  1. Masuk ke web Google, masukkan alamat email anda dan pilih saya lupa sandi untuk melanjutkan langkah berikutnya.
  2. Kemudian, masukkan kata sandi yang pernah Anda gunakan jika Anda mengingatnya dan tekan berikutnya. 


    Jika lupa, Anda dapat menuliskan kata sandi yang mana saja yang sebelumnya pernah dipakai untuk akun Google Anda. Ini untuk membantu sistem Google mengidentifikasi kepemilikan akun Anda. Anda dapat menebak jika tidak dapat mengingatnya atau melewati pertanyaan ini dengan memilih coba pertanyaan lain.


    Setelah langkah ini, formulir akan bersifat RELATIF, di mana setiap pertanyaan atau pembuktian verifikasi akan mengikuti sistem yang ada dalam akun Anda. Ada kemungkinan alur formulir pemulihan akun yang akan Anda lewati tidak sama dengan alur yang ada di bawah ini karena pertanyaan yang ada di bawah ini tidak muncul dalam Dukungan Akun Anda.
  3. Anda akan diberikan opsi lain, yakni perintah dalam perangkat Anda yang tertaut. Silakan pilih kirim perintah untuk mendapatkan opsi masuk lainnya. Jika tidak bisa, Anda dapat memilih coba pertanyaan yang lain. Jika tidak ada halaman seperti ini, silakan ikuti langkahnomor 5.
  4. Teruskan langkah ini dengan memilih Kirim perintah. Anda akan diminta untuk memeriksa ponsel Anda.


    Jika Anda masih memiliki akses ke akun Anda melalui ponsel, maka Anda akan mendapatkan notifikasi masuk ke akun seperti yang ada di bawah ini. Anda dapat memilih Ya untuk melanjutkannya. Jika tidak ada, maka Anda dapat memilih Coba pertanyaan yang lain.


    Jika berhasil, maka Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi satu kali dalam email pemulihan Anda. Silakan pilih berikutnya jika email tersebut dapat Anda akses. Jika tidak bisa, Anda dapat memilih Coba pertanyaan yang lain dan ikuti langkah yang ada padanomor 7.

    Anda akan menerima pesan seperti di bawah ini pada email pemulihan Anda.

    Masukkan kode tersebut pada halaman di bawah ini:


    Jika verifikasi berhasil, Anda akan dapat melakukan penyetelan kata sandi:
  5. Jika Anda pernah memasang Google Authenticator atau kode cadangan dan dapat mengaksesnya, Anda dapat melakukan verifikasi dengan memasukkan kode yang ada dalam aplikasi tersebut dan pilih berikutnya. Jika tidak ada atau tidak dapat diakses, maka Anda dapat memilih opsi Coba pertanyaan lain dan ikuti langkah yang ada pada nomor 6.
  6. Jika berhasil, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi pada email pemulihan Anda seperti yang ada pada langkah nomor 4. Jika tidak bisa, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang tertera dalam langkah nomor 7.
  7. Kemudian, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi melalui SMS jika Anda pernah mencantumkan nomor ponsel sebagai metode pemulihan. Masukkan nomor ponsel sesuai dengan yang ada pada layar, kemudian Kirim SMS. Namun, jika nomor yang tertera tersebut bukan milik Anda, Anda dapat memilih Coba pertanyaan yang lain dan ikuti langkah nomor 7.

    Kemudian Anda akan dibawa ke halaman seperti di bawah ini:

    Masukkan kode yang Anda terima pada layar ponsel Anda:

    Jika berhasil, Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi pada email pemulihan Anda seperti yang ada pada langkah nomor 4. Jika tidak bisa, Anda akan dibawa ke halaman seperti yang tertera dalam langkah nomor 7.
  8. Kemudian Anda akan diberikan pertanyaan lain seputar akun Anda, seperti "Kapan Anda membuat Akun Google ini?" Sebaiknya, isi dengan baik dan benar agar Google dapat mendeteksi kepemilikan akun Anda. Kemudian pilih berikutnya. Jika Anda tidak bisa menebak, Anda dapat memilih Coba pertanyaan lain dan ikuti langkah nomor 8.
  9. Anda akan diminta memasukkan kode verifikasi yang ada pada email tersebut. Pastikan email tersebut adalah alamat yang aktif dan dapat Anda akses dengan baik. Akan lebih baik jika Anda menggunakan alamat email yang pernah tertaut dengan akun Anda sebelum diubah oleh peretas. Kemudian pilih berikutnya.



    Periksa kotak masuk pada email Anda untuk menemukan pesan seperti di bawah ini:



    Kemudian, masukkan kode yang Anda terima dalam email (jika Google mendeteksi kepemilikan akun Anda adalah benar).
  10. Jika muncul pertanyaan ini, Anda dapat menjelaskan apa yang terjadi dengan akun Anda dan berikan informasi lebih rinci terkait dengan akun Anda agar Tim Pemulihan Akun dapat memeriksa akun Anda.

Setelah mengisi Formulir :
  1. Pastikan Anda sudah mendapatkan pesan bahwa Anda diharuskan menunggu 3-5 hari kerja. Sabtu, Minggu, dan hari libur tidak termasuk dalam proses pemulihan akun.
  2. Pastikan pula Anda sudah mencantumkan alamat email pemulihan dengan benar. Biasanya dalam 1-2 jam setelah pengisian formulir, Anda akan menerima email konfirmasi untuk pemulihan akun yang berisi:
  3. Pantau selalu email pemulihan Anda (baik dalam kotak masuk maupun kotak spam) agar tidak ada informasi yang terlewatkan dalam proses pemulihan akun.

3 Pesan yang dapat muncul setelah pengisian formulir berakhir :
  1. Jika muncul pesan bahwa Anda perlu menunggu 3-5 hari kerja, maka Anda perlu menunggu dahulu respons akhir dari Google.
  2. Jika muncul informasi bahwa pesan yang Anda berikan tidak cocok, Anda dapat mengisi formulir kembali karena terlalu banyak bukti kepemilikan yang tidak sesuai dengan catatan Google atau Anda tidak melakukan pengisian formulir dengan perangkat dan koneksi internet yang biasa Anda gunakan.
  3. Penyetelan kata sandi di mana bukti kepemilikan akun sangat kuat dan Anda dapat langsung menyetel kata sandi.




3 Jawaban Akhir dari Googgle :
  • Terima kasih telah mengisi formulir pemulihan akun. Kami tahu bahwa kehilangan akses ke akun... Hal ini menunjukkan bahwa bukti kepemilikan yang Anda berikan saat pengisian formulir pemulihan akun  tidak cukup atau terlalu banyak jawaban yang tidak sesuai dengan catatan yang dimiliki Tim Pemulihan Akun Google. Anda dapat melakukan pengisian formulir kembali.
  • Catatan kami menunjukkan bahwa Anda dapat masuk ke.... Bukti kepemilikan yang Anda berikan sudah sesuai dengan catatan Google, tetapi hal ini belum dapat mengembalikan akun Anda karena bukti kepemilikan yang diterima oleh Tim Pemulihan Akun belum cukup. Anda dapat melengkapi kembali formulir dan menggunakan perangkat dan koneksi internet yang biasa Anda gunakan untuk memberikan lebih banyak informasi kepemilikan akun.
  • Untuk memulai proses penyetelan ulang sandi akun Google... Anda telah berhasil membuktikan kepemilikan akun dan Anda dapat menyetel kata sandi kembali, Pastikan Anda segera menyetel setelah mendapatkan tautan tersebut karena tautan tersebut memiliki waktu yang terbatas. Jika tautan tidak berlaku, Anda dapat mengirimkan kembali formulir dengan jawaban, perangkat, dan koneksi internet yang sama seperti saat Anda berhasil mendapatkan tautan tersebut.