Sunday, January 22, 2017

codepen di blogger

Apa sih itu Codepen.?
Bagi para kaum developer kalian pasti sudah tau dan mungkin udah hatam, atau bahkan sudah punya repo disana, atau paling tidak kalian sudah pernah liat di web blog. Akan tetapi bagi kaum newbee pasti butuh penjelasannya mengenai semua ini.

Oke., coba kita bahas sedikit menhenai Dodepen itu apa sih.? 
Codepen itu sendiri merupakan web apps yang dikhususkan para kaum developer untuk coding on the fly (coding secara langsung). Sehingga kita bisa secara langsung coding di browser dengan memanfaatkan fasilitas yang disediakan Codepen.

Sebenernya untuk apa sih Codepen itu,.?
Codepen disini berguna untuk “To make your life easier, As simple as it is”. Bagi kaum developer pasti sudah tidak dapat dipungkiri lagi akan sangat merasakan betapa membosankannya seharian di depan text editor kesayangan kita tanpa menghasilkan sesuatu yang waahh di hari itu. Maka dari itu Codepen disini memberikan sedikit semangat buat kaum developer semuanya. Gimana caranya,, kita tinggal tulis sebagian coding kita. Kemudian hasilnya, bisa langsung dilihat oleh sejuta umat kaum developer lainnya.

Terus bagaimana sih cara untuk mendaftar atau ikut Codepen.?
Untuk mendaftar Codepen sangan mudah dan simple, kita tinggal daftar aja di website nya codepen.io dan lakukan sign up. Setelah itu kita akan dapat gambaran lebih banyak mengenai Codepen ini.

Yang terakhir apa sih keuntungan Codepen ini untuk kita.?
Pasti banyak keuntungan yang akan kita dapat, akan tetapi tergantung dari niatan kita masuk kesana. Sebagaimana website sharing media lainnya, manfaat yang kita dapatkan pasti akan beragam. Kita bisa lihat product ui dan ux dengan coding yang nude, selain itu kita bisa lebih mengenal kaum developer lain diluar sana dengan sharing idea dan kerjaan kita.

Codepen sendiri sudah banyak digunakan oleh blogger-blogger di Indonesia, hal ini dilakukan untuk media presentasi atau digunakan untuk contoh dari kode yang dibagikan di blog tersebut.
Codepen juga banyak digunakan untuk membuat desain seperti CSS dari SVG-lines, atau tombol yang dapat meledak jika ditekan. Semua itu dibuat oleh orang-orang professional yang ada di Codepen.io, dan kita juga bisa mengambil beberapa kode untuk kita terapkan didalam blog kita sendiri. Akan tetapi perlu kita ingat jangan mencuri dikarenakan sebagian users di Codepen.io yang memiliki hak cipta, maka dari itu apabila kita ingin menggunakan kode tersebut alangkah baiknya meminta ijin terlebih dahulu kepada pemilik atau pembuat kode tersebut.