Wednesday, February 8, 2017


Seringkali kita melihat adf.ly pada sebuah situ web yang sering kita kunjungi, akan tetapi sedikit orang yang sudah tau apa itu adf.ly. Maka dari itu disini kita belajar bersama-sma tentang apa itu adf.ly, bagaimana cara adf.ly bekerja serta cara memasang adf.ly di Blogger.

adf.ly itu sendiri adalah salah satu layanan shortener url yang membayar ketika seseorang mengunjungi link yang kita pendekkan, dengan kata lain apabila ada seorang pengunjung yang mengunjungi link yang dipendekkan oleh adf.ly maka kita akan mendapatkan uang.

Mungkin selama ini kalian yang punya blog download software atau yang sejenisna masih memakai cara manual untuk memendekkan link satu persatu pada blog sehingga memakan waktu yang cukup lama, dan juga terkadang salah dalam menaruh linknya.
Bagaimana cara otomatis memendekkannya?

Untuk itu, kali ini akan kita coba memberikan cara agar setiap link pada blog otomatis terpendekkan melalui adf.ly dengan bantuan script Full page script yang sudah disediakan oleh pihak adf.ly untuk memasang adf.ly pada setiap link blog . Tentunya cara ini akan lebih efisien dan menghemat waktu kita dalam membuat suatu artikel, serta sekaligus meningkatkan pendapatan kita.

Cara mendaftar akun di adf.ly :
  • Login ke akun adf.ly anda , kalau belum daftar ayo daftar terlebih dahulu setelah itu pilih tools.
Cara memasang adf.ly di Blogger

  • Kemudian akan tampil halaman baru, pilih full page script.
Cara memasang adf.ly di Blogger

  • Akan muncul 2 jenis script,  pilih yang kedua, pasangkan pada layout di blog kita dengan menambahkan Gadget HTML/ JavaScript.
Cara memasang adf.ly di Blogger

yang sekiranya bunyinya seperti ini

<script type="text/javascript">
    var adfly_id = 368427;
    var adfly_advert = 'int';
    var popunder = true;
    var exclude_domains = ['example.com', 'yoursite.com'];
</script>
<script src="https://cdn.adf.ly/js/link-converter.js"></script> 

jadi  seperti ini :
pasang adf.ly di blogger

Pastikan adfly_id tersebut diganti dengan id punya kita, kalau tidak nantinya revenuenya akan masuk ke id saya.

Kemudian untuk var exluce_domains , example.com dapat diganti dengan domain blog kita agar tidak dishorten oleh adf.ly, misalkan kita tidak mau shorten url dengan alamat awalan treembeng.blogpspot.com , maka ganti example.com dengan alamat web tersebut. Kalau untuk saat ini saya coba tetap biarkan seperti itu, dikarenakan saya ingin semua url pada blog saya terpendekkan semua.
Save widgetnya  tidak perlu diberi nama, silahkan uji coba, bukalah salah satu post blog kita atau halaman blog kita yang ada urlnya, bila url sudah berubah menjadi ada tambahan adf.ly/userid/alamatweb artinya script terpasang dengan baik.

Note :
Script ini tidak akan bekerja dengan baik apabila komputer pengunjung blog memakai add ons adblock, sehingga mungkin perlu diberikan tambahan script anti adblock di blog kita.

Selamat mencoba.,.