Tuesday, January 10, 2017

Di era perkembangan jaman seperti saat ini siapa sih yang masih belum kenal sama yang namanya Blog.,? Dan apa sih sebenernya yang dimaksud dengan Blog itu.,.. 

Blog itu sendiri merupakan singkatan dari Web Log yang berarti salah satu aplikasi web base yang berbentuk tulisan – tulisan serta biasanya dimuat sebagai postingan untuk menyalurkan ide – ide atau catatan harian sesuai dengan topik (tujuan) dari si pembuat Blog (Blogger). 

Dan untuk kali ini kita akan mencoba membuat Blog di Blogger atau Blogspot. Nah,, pasti pada bertanya – tanya kenapa sih kita mencoba membuat Blog di Blogger atau Blogspot .? Hal ini kita lakukan karena disitus Blogger atau Blogspot untuk membuat sebuah Blog dapat dibuat secara gratis serta banyak tutorial atau artikel yang membahas mengenai cara membuat blog di Blogger atau Blogspot ini, sehingga sangat cocok untuk para blogger – blogger pemula. 

Cara membuat Blog dari Google
 (Blogger)
Untuk membuat sebuah Blog yang harus kita lakukan adalah sebagai berikut : 
  1. Mendaftar ke Blogger dengan cara masuk ke situs Blogger atau Blogspot.
  2. Lalu masukkan email dan password account email Gmail (kalau belum punya account email Gmail harap membuat account email Gmail terlebih dahulu, setelah itu klik tombol Sign-in
  3. Jika email belum pernah di daftarkan di Blogger, akan ada ucapan selamat datang di Blogger. Klik tombol lanjutkan ke Blogger
  4. Lalu kilik tombol Blog Baru
  5. Kita akan di bawa ke halaman Buat Blog Baru, akan muncul 3 form pendaftaran blog yang harus anda isi, isilah judul, alamat, dan juga pilih template yang tersedia (judul, alamat, dan juga template nanti bisa di rubah di menu setelan → dasar). Biasanya dalam membuat sebuah alamat blog sering kali terjadi alamat blog tidak teredia dikarenakan alamat blog tersebut sudah digunakan, sehingga kita harus jeli dalam membuat alamat yang unik untuk sebuah blog yang akan kita dibuat. Dan didalam suatu alamat blog tersebut biasanya akan diakhiri .blogspot.co.id Contoh : di alamat kita isi treembeng maka alamat blog yang kita buat akan menjadi treembeng.blogspot.co.id 
  6. Taaraaa….. Akhirnya blog yang kita buat sudah berhasil, cukup mudahkan untuk membuat sebuah blog di Blogger atau Blogspot ini..
  7. Terakhir silahkan dicoba untuk memposting tulisan – tulisan yang sudah dibuat serta bisa juga dicoba untuk mengatur Blog sesuai dengan keinginan kita seperti mengganti template, memposting artikel, menentukan tata letak blog, lihat statistik, lihat komentar, dll. 
Selamat mencoba,.,