Monday, February 6, 2017

Tidak sedikit bagi para bogger pemula yang sering merasa kesulitan pada saat akan membuat table pada postingan di blognya, apalagi table yang akan dibuat cukup rumut seperti ada baris atau kolom yang digabung, tebal garisnya yang berbeda atau malah terdapat warna pada kolom tersebut.

Bagi mereka yang sudah paham kode HTML hal ini tidak akan menjadi masalah karena mereka tinggal mengetikan kode-kode HTML sendiri, akan tetapi bagi para blogger pemula hal ini akan menjadi masalah yang serius. Terus bagaimana cara yang mudah untuk membuat table tersebut.? Kita akan coba membahas cara mudah membuat postingan table di blog dengan menggunakan Microsoft Word.
  • Buka aplikasi Microsoft Word
  • Buat tabel dengan mengklik “insert“, “table“, kemudian tentukan jumlah kolom dan baris, dan jika perlu silahkan sesuaikan tebal garis dan warna sesuai selera.
tabel di postingan blogger

  • Simpan file tersebut sebagai HTML. Klik “Save As“, kemudian pada bagian “Save As Type” pilih “Web Page, Filtered” kemudian “Save” 
tabel di postingan blogger

  • Buka file yang telah disimpan tadi melalui browser seperti Google Chrome, kemudian cari tahu kode HTMLnya dengan cara menekan “CTRL+U” atau dengan klik kanan kemudian pilih view page source.
tabel di postingan blogger

  • Copy kode HTML dalam file tersebut dimulai dari kode <table ….> sampai kode </table> dan paste kode tersebut pada postingan blog yang sudah dalam mode penulisan HTML.
tabel di postingan blogger

  • Hasilnya adalah tabel seperti di bawah ini, selain hasilnya rapi cara ini juga termasuk cara sangat mudah digunakan bagi blogger pemula.
tabel di postingan blogger

Selamat mencoba.,.