Thursday, February 16, 2017


Dengan adanya internet seperti saat ini membawa perubahan yang sangat besar dibidang teknologi informasi dan komunikasi. Di era jaman yang sudah terkomputerisasi seperti saat ini setiap orang dapat dengan mudah mencari informasi. Setiap orang yang sering menggunakan internet sudah dipastikan familiar dengan pengertian web browser. Dikarenakan hampir setiap kali membuka situs didalam internet kita menggunakan aplikasi web browser. Web browser dapat berfungsi tentunya dikarenakan terhubung dengan internet.

Pengertian Web Browser

Web browser adalah suatu perangkat lunak atau software yang digunakan untuk mencari informasi. Atau bisa juga untuk menjelajahi situs-situs yang ada di internet. Pada awalnya web browser berorientasi pada teks saja dan belum dapat menampilkan gambar. Akan tetapi lambat laun web browser yang ada saat ini tidak hanya dapat menampilkan teks atau gambar saja. Melainkan web browser saat ini juga dapat memutar file multimedia seperti video dan suara. Web broser juga dapat mengirim dan menerima email, mengelola HTML, sebagai input. Dan menjadikan halaman web sebagai hasil output yang informative. Web browser sangat berperan penting bagi kita. Terutama bagi pengguna internet didalam mengakses data atau mencari referensi yang kita butuhkan.
Berikut adalah contoh web browser yang ada saat ini yang sering kita gunakan. Contohnya Mozilla Firefox, Google Chrome, Opera, Safari, Internet Explorer dan lain sebagainya.
Antara web browser satu dengan yang lainnya yang biasa kita gunakan tentunya mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing. Meskipun demikian beberapa web browser yang saat ini paling popular digunakan oleh pengguna internet seperti Mozilla dan Chrome. Dinilai lebih cepat pada saat digunakan untuk mengakses data. Seringkali kita sebagai pengguna internet yang awam salah persepsi mengenai web browser dengan mensin pencari (Google) Dikarenakan web browser itu berdiri sendiri sebagai aplikasi software dari sebuah komputer. Sedangkan search engine biasanya merupakan bagian dari suatu web browser.

Cara Kerja Web Browser

Untuk dapat menggunakan web browser kita dapat mengaksesnya dengan sangat mudah. User atau pengguna hanya perlu membuka aplikasi. Kemudian mengetikkan alamat atau situs yang dituju. Biasanya dengan menggunakan format WWW (world wide web) atau mengetikkan URL (Uniform Source Locator) pada address bar dilaman web browser. Setelah mengetikkan alamat yang dituju maka aplikasi web browser akan memfetching atau mengambil data yang biasanya ditulis dalam kode html.
Alamat web atau url yang kita masukkan pada browser akan mengarahkan browser pada halaman yang dituju. Misalnya saja jika kita memasukkan alamat url http://treembeng.blogspot.co.id/. Maka browser pertama-tama akan mengakses http atau hypertext transfer protocol atau kadang disebut protocol saja. Http yang ada pada alamat tersebut akan mentransmisikan file dari web server menuju browser. Selanjutnya akan mengarahkan browser pada laman yang dituju dimana data tersebut tersimpan dalam web server.

Fungsi Web Browser

Sudah dipastikan hampir semua pengguna internet setiap hari tidak bisa terlepas dari penggunaan web browser. Baik untuk membaca informasi berita yang terupdate hari ini maupun menemukan data lainnya. Berikut adalah contoh beberapa fungsi dari web browser itu sendiri diantaranya :

Membuka laman website

Fungsi dari web browser yang sangat menonjol mungkin berada pada kemampuannya untuk mengarahkan pengguna pada alamat website yang dituju. Dengan menggunakan web browser seseorang bisa langsung menuju alamat dimana ia akan mengakses data. Sementara itu jika menggunakan search engine maka ia hanya akan mendapatkan beberapa website yang sesuai dengan kata kunci yang dimasukkan.

Memastikan keamanan suatu web

Bisanya dalam web browser juga terdapat proses authentication atau proses verifikasi suatu web atau laman. Untuk memastikan bahwa laman tersebut tidak berbahaya bagi perangkat jika dikunjungi. Misalnya untuk menghindarkan perangkat komputer atau gadget dari virus yang bisa merusak sistem komputer.

Mendukung permintaan data

Fungsi lain dari web browser adalah untuk mendukung permintaan data yang dibutuhkan oleh pengguna. Atau sering dikenal dengan istilah requesting supporting data item. Hampir seluruh alamat web yang ada diinternet dapat diakses dengan menggunakan web browser . Dan data yang berupa foto atau media lainnya dapat disimpan secara langsung dalam dokumen komputer.

Mengumpulkan data dan memaksimalkan tampilan

Selain memberikan akses pada laman yang dituju secara langsung. Web browser juga berfungsi dalam mengumpulkan seluruh data pada suatu website. Termasuk efek yang ada didalamnya sehingga laman web dapat ditampilkan dengan lebih baik dan maksimal. Tidak hanya menampilkan teks, web browser juga bisa menampilkan foto, video dan audio pada suatu laman.

Mendukung penggunaan search engine

Search engine atau mesin pencari secara umum merupakan bagian dari web browser. Sehingga pengguna bisa mencari data dengan lebih mudah dan lebih cepat. Tanpa harus mengetikkan alamat pada address bar dalam menu web browser.
Sudah tidak dipungkiri web browser saat ini memang banyak sekali fungsi dan manfaat didalam kehidupan kita sebagai pengguna internet. Apalagi bagi kita yang memiliki aktifitas dan mobilitas yang tinggi pasti sangat terbantu sekali dengan adanya web browser ini. Akan tetapi perlu diperhatikan bagi kita pengguna internet dalam hal memilih dan menggunakan web browser. Harus disesuaikn dengan kebutuhan dan kelebihan yang dimiliki web browser tersebut.