Saturday, February 25, 2017

FAT32, NTFS dan exFAT - Sering kita bertemu istilah FAT32, NTFS dan exFAT saat kita format drive. Contoh drive : Hard disk, Flas disk. Tapi OS Windows tidak menjelaskan mengenai FAT32, NTFS dan exFAT. Apa itu FAT32, NTFS, exFAT.?

Perbedaan FAT32, NTFS dan exFAT

FAT32

Rilis pada tahun 1996. Dikembangkan Microsoft pada OS MS-DOS 7.1/OS Windows 95. FAT32 dapat bekerja pada semua OS. Contoh OS Windows, OS Linux, Mac OS. FAT32 merupakan file system yang ada sejak lama. Jadi FAT32 dijadikan standart file system.

File system ini sering kita temukan pada Flas disk. FAT32 mempunyai syarat file tidak lebih dari 4GB. Untuk hard disk tidak lebih dari 2TB. File system ini sering kita temukan pada Flas disk. FAT32 mempunyai syarat file tidak lebih dari 4GB. Untuk hard disk tidak lebih dari 2TB.

NTFS

Rlilis pada tahun 80. NTFS adalah file system modern. NTFS ditemui saat install OS Windows baru. File system NTFS mengalami banyak perubahan. Batasan ukuran file dan partisi sangat besar. Mungkin tidak ada yang menandingi NTFS dalam batasan ukuran file. NTFS dikenalkan ke user pada OS Windows XP.

Selain kelebihan diatas. NTFS juga hadir dalam fitur modern. Telah mendukung permission untuk keamanan. Permission keamanan NTFS dengan mengganti journal. Berguna mempercepat recovery error. Shadow copy untuk backup. Serta enkripsi, disk quota limit, hard link. Serta masih banyak fitur lain dalam NTFS.

exFAT

Di akhir tahun 2006 exFAT dirilis. File system exFAT dioptimalkan untuk Flas disk. Di rancang sangat ringan seperti FAT32. Tanpa banyak fitur tambahan seperti NTFS.

Seperti halnya file system NTFS. ExFAT mempunyai batasan ukuran. Ukuran file dan partisi exFAT sangat besar. Kita bisa simpan file lebih dari 4GB. Flash disk atau micro SD menggunakan format exFAT. Pilihan terbaik untuk drive external buat kita. Yang ingin file system ringan tanpa batasan.

File system exFAT lebih compatible dibanding NTFS. Mac OS yang tadinya hanya bisa read NTFS. Sekarang bisa akses full exFAT. Tidak berbeda jauh dengan distro OS Linux. Untuk saat ini juga bisa akses full exFAT. Dengan memakai software yang sesuai. Tapi exFAT saat ini juga belum mendukung konsol game. Xbox 360 dan Play Station 3 tidak bisa membaca exFAT.
Next
This is the most recent post.
Older Post