Tuesday, February 7, 2017

Salah satu cara supaya blog kita banyak pengunjungnya adalah dengan share postingan kita ke sosial media. Ada banyak sosial media di internet, contohnya Facebook atau twitter.

Dengan memiliki akun Facebook atau twitter kita akan dengan mudah untuk membagikan postingan. Akan tetapi hal ini akan terasa melelahkan apabila postingan yang baru kita buat harus di share satu persatu. Dan untuk kali akan kita bahas mengenai cara share postingan otomatis ke banyak social media.

Ada banyak cara dan aplikasi yang bisa kita gunakan buat share postingan secara otomatis. Kalau share otomatis ke Google+ sudah disediakan di dashboard Blogger, tinggal dicentang saja. Sedangkan share otomatis ke situs sosial media yang lain kita butuh alat bantu. Alat bantu ini ada banyak sekali, mulai dari Feedburner, IFTTT, Buffer, Hootsuite dan lain-lain.

Dan untuk kali ini kita coba bahas mengenai cara share postingan otomatis memakai Hootsuite. Hootsuite adalah salah satu situ yang menyediakan layanan fasilitas pengelolaan media social seperti Facebook, Twitter dll.

Berikut cara daftar di situs Hootssuite :
  • Kunjunjungi situ Hootsuite dan SignUp Now, bisa menggunakan akun Facebook atau menggunakan akun email.
cara daftar hootsuite
  • Untuk kali ini kita akan bahas dengan menggunakan data email dan memakai fitur free dari Hootsuite, caranya Klik Get Started-Free, lalu isikan username dan Email serta pasword yang diinginkan, terakhir Klik Creat My Free Account.
cara daftar hootsuite
  • Setelah proses diatas selesai, kita akan dihadapkan pada tab baru. Di dalam tab baru ini kita akan mengelola media sosial apa saja yang ingin kita pakai untuk share otomatis dari postingan kita di Blog dengan cara Klik Masukkan jejaring social.
cara daftar hootsuite
  • Untuk mengatur postingan yang akan kita share kita atur di Setting atau Pengaturan - RSS/Atom
cara share otomatis postingan blog

  • Dan yang terakhir kita Klik Tanda + (Feed Berita)
cara share otomatis postingan blog
Note :
  • Feed URL : Kita masukkan alamat dari Blog yang akan kita Share.
  • Network to send items to : Kita pilih Blog kita akan kita share ke media social apa.
  • Prepend text to each message : Kita bisa isikan dengan kata-kata yang ingin muncul pada saat share postingan
  • Lalu klik Simpan Feed

Ulangi hingga semua akun social media kita terkoneksi semua dan coba kita kembali ke blog untuk melakukan postingan, maka secara otomatis postingan kita akan tershare di Twitter dan Facebook.

Selamat mencoba.,,.